Perbandingan Kurs USD

BAGIKAN:

Informasi lengkap dan terupdate perbandingan Kurs USD antar bank di Indonesia pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

Mulai dari perbandingan Kurs USD di Bank BCABank MandiriBank Panin maupun bank lainnya di Indonesia selama 30 hari terakhir.

Berikut data perbandingan Kurs USD antar bank di Indonesia dalam sebulan terakhir. Dengan tiga macam rate, yaitu e-Rate atau Special Rate, Demand Draft (DD)/Telegraphic Transfer (TT), dan Bank Notes hari ini.

Perbandingan Kurs USD – Bank Notes

Tanggal Kurs BI BCA Mandiri BRI BNI CIMB Niaga Panin Danamon Maybank UOB HSBC DBS Commonwealth Mayapada Bukopin Mega Muamalat

Perbandingan Kurs USD – DD / TT

Tanggal Kurs BI BCA Mandiri BRI BNI CIMB Niaga Panin Danamon Maybank UOB HSBC DBS Commonwealth Mayapada Bukopin Mega Muamalat

Perbandingan Kurs USD – e-Rate / Special Rate

Tanggal Kurs BI BCA Mandiri BRI BNI CIMB Niaga Panin Danamon Maybank UOB HSBC DBS Commonwealth Mayapada Bukopin Mega Muamalat

Untuk mencari rate mata uang asing terbaik, selain data kurs Dollar kita juga bisa menggunakan data perbandingan kurs yang lengkap dan up to date. Simak juga informasi terupdate harga emas hari ini untuk menambah referensi dalam berinvestasi emas.

Mengenal Lebih Dekat Rate Kurs Pada Bank

Saat melakukan transaksi valuta asing, kita perlu memperhatikan perbandingan kurs antar bank. Perhatikan rate nilai tukar yang ada di bank karena setiap bank memberikan kurs yang berbeda-beda.

Berdasarkan laman Wikipedia, Nilai Tukar (atau dikenal sebagai Kurs) adalah sebuah perjanjian yang dikenal sebagai nilai tukar mata uang terhadap pembayaran saat kini atau di kemudian hari, antara dua mata uang masing-masing negara atau wilayah.

Untuk transaksi valas pada bank, biasanya ada tiga jenis rate yang diberikan. Yaitu kurs banknotes, kurs DD/TT counter (transfer), dan e-Rate/Special Rate. Kurs dengan Special Rate biasanya diberikan untuk transaksi dengan nominal transaksi minimal $25,000 atau ekuivalen. Untuk nominal yang lebih kecil, biasanya akan dikenakan rate lainnya tergantung situasi.

perbandingan nilai kurs

Untuk memahami lebihi jauh perbedaan dan penggunaan tiap rate, simak rangkumannya berikut ini.

  • e-Rate adalah kurs khusus yang digunakan jika bertransaksi mata uang asing menggunakan platform digital. Seperti pengguna e-Banking ketika melakukan transaksi transfer. Jika bertransaksi dengan e-Rate, biasanya nominal transaksi dibatasi kurang dari $25,000. Pada transaksi ini pelanggan/nasabah tidak menerima bentuk fisik mata uang.
  • Special Rate merupakan kurs dengan spread yang ketat, dan atau kurs jual yang relatif rendah. Biasanya untuk mendapat Special Rate, minimal transaksinya sebesar USD 25,000 atau ekuivalen. Untuk transaksi ini harus menyertakan dokumen underlying ke bank.
  • Demand Draft (DD) pada dasarnya seperti cek dengan beberapa perbedaan. Demand Draft diterbitkan oleh bank sementara cek dikeluarkan oleh individu. Selain itu, Demand Draft merupakan instrumen prabayar, sehingga tidak dapat dibatalkan. Counter DD pada dasarnya melayani transaksi pemindahbukuan, tanpa ada fisik mata uang yang terlibat secara langsung.
  • Telegraphic Transfers (TT) atau Telex Transfer adalah metode elektronik untuk mentransfer dana ke luar negeri dnegan cepat. Umumnya transaksi ini sangat cepat, antara dua hingga empat hari kerja. Sering juga dikenal publik dengan nama “wire transfer” atau “electronic funds transfer” (EFT). Rate ini mirip dengan DD dan biasanya pada bank ada satu counter untuk DD dan TT sekaligus. Transaksi dengan rate ini juga hanya untuk transaksi mata uang asing secara non fisik.
  • Bank Notes adalah uang kertas asing, yang berupa alat pembayaran yang sah di Negara Penerbit, namun diperjualbelikan di negara lain (termasuk Indonesia). Rate ini, akan dikenakan jika kita bertransaksi mata uang asing secara fisik, misal jika membeli $100 akan mendapat langsung fisik uang kertas $100.

    Banknotes sering juga disebut sebagai “devisa tunai” karena mempunyai sifat seperti uang tunai. Namun tidak semua Banknotes dapat diperjualbelikan, tergantung pada aturan devisa di negara asal Banknotes.
BAGIKAN:

Tinggalkan komentar